Saturday, June 16, 2012

8 pemimpin wanita yang paling berpengaruh

Pada abad ke-20 jumlah pemimpin perempuan meningkat. 10 wanita yang ada di bawah ini memimpin negara pada masa pergolakan dan perdamaian.

1. Indira Gandhi - Perdana Menteri India

Ia wanita pertama India sebagai Perdana Menteri. Memerintah negara dengan keteguhan dan tekad, keras dan mengambil keputusan-keputusan sulit bila diperlukan. Dia dibunuh oleh dua penjaga sendiri pada tahun 1984.

2. Margaret Thatcher - Perdana Menteri Britania Raya


Dijuluki "Wanita Besi" karena sikap keras nya melawan Uni Soviet, ia memimpin negara melalui resesi dan tingkat pengangguran yang tinggi. Dia adalah wanita pertama yang memimpin sebuah partai politik besar di Britania Raya.

3. Benazir Bhutto - Perdana Menteri Pakistan

Putri Perdana Menteri Pakistan Zulfikar Ali Bhutto, ia memerintah negara Pakistan dari 1988-1990, dan 1993-1996. Dia dibunuh pada tahun 2007, saat kampanye pemilu.

4. Corazon Aquino - Presiden Filipina

Wanita pertama di Asia yang menjadi presiden, ia adalah seorang pemula ketika ia terpilih menjadi Presiden beberapa saat setelah pembunuhan suaminya. Dia adalah pendukung kuat hak-hak perempuan dan demokrasi sebagai lawan Ferdinand Marcos yang diktatorial.

5. Sonia Gandhi - Pemimpin Partai Kongres India

Dipercaya oleh banyak orang sebagai kekuatan di balik tahta, dia tidak memegang jabatan politik, namun pada peraturan negara. Kelahiran Italia, ia mengadopsi India sebagai negaranya setelah menikah dengan Rajiv Gandhi. Ia telah disebut sebagai tiga wanita paling kuat di dunia.

6. Eva PerĂ³n - Istri Presiden Argentina

Istri kedua Presiden Juan Peron, ia adalah wanita yang sangat kuat, karena pengaruhnya pada suaminya, dan memperjuangkan hak-hak orang miskin dan para perempuan Argentina.

7. Golda Meir - Perdana Menteri Israel

Disebut sebagai "orang terbaik dalam kabinet" oleh Daivd Ben Gurion, dia adalah Perdana Menteri keempat negara Israel. Krisis terbesar adalah Perang Yom Kippur 1973, di mana dia membuat keputusan untuk menghindari serangan pre-emptive, sehingga memperoleh persetujuan dari sekutu terbesar mereka, Amerika Serikat.

8. Sirimavo Bandarnaike - Perdana Menteri Sri Lanka

Wanita pertama di dunia yang menjadi Perdana Menteri sebuah negara, dia memimpin Sri Lanka sebanyak tiga kali, 1960-1965, 1970-1977 dan 1994 sampai 2000. Dia adalah kepala dari Partai Kebebasan Sri Lanka selama 40 tahun sampai kematiannya.

sumber: http://isidunia.blogspot.com/2012/06...ng-paling.html

Terkait

Description: 8 pemimpin wanita yang paling berpengaruh Rating: 4.5 Reviewer: Arie Febiansyah Pasaribu ItemReviewed: 8 pemimpin wanita yang paling berpengaruh
Al
Mbah Qopet Updated at: 1:35 AM

0 komentar:

Post a Comment